Detail Berita

BERSIH DESA GUNUNGSARI

Bersih Desa merupakan wadah dari pertumbuhan seni budaya desa sejak nenek moyang dulu hingga sekarang. Dilihat dari pertumbuhan masyarakat dengan kebudayaan/adat istiadat  yang ada di Desa Gunungsari yang bertujuan :

  • Melestarikan Kebudayaan Daerah

Bersih Desa adalah  sebuah ritual dalam masyarakat kita. Bersih Desa merupakan warisan dari nilai-nilai lama budaya yang menunjukkan bahwa manusia jadi satu dengan alam. Bersih Desa ini dimaksutkan sebagai bentuk penghargaan masyarakat terhadap alam yang menghidupi mereka.

  • Melestarikan tradisi Desa

Bersih Desa dilakukan satu kali dalam setahun. Acara ini dibagi dalam serangkaian acara, hari pertama biasanya dikhususkan untuk ritual sesaji dan persiapan-persiapan segala hal untuk hari berikutnya dan sesaji ditaruh di tempat keramat/punden

  • Menumbuh kembangkan Kesenian Daerah

Untuk memeriahkan acara Bersih Desa biasanya diisi dengan kesenian-kesenian budaya lokal seperti : Ludruk, campursari , Wayang , Kuda Lumping . Dihari ini pula setiap warga Desa selamatan ke keramat/punden , ada yang ke mushola dan di Balai Desa. Bisa disimpulkan Bersih Desa adalah pernyataan Masyarakat terhadap identitas , akar budaya dan idialisme melalui pengalaman otentik komunitas, dimana komunitas menjadi pencipta budayanya sendiri, bukan hanya objek yang dicekoki oleh rezim kebudayaan yang menghegemoni, seperti globalisasi budaya kapitalistik atau totaltarianisme budaya.

  • Bersih Desa Wujud Keharmonisan antara manusia dengan alam

Manusia dan alam merupakan satu kesatuan. Hubungan dua elemen itu, seakan tak bisa lepas satu sama lain. Hubungan simbiosis keduanya pun menjadi keniscayaan. Namun, dalam perkembangan manusia modern, alam seakan menjadi objek untuk meneguhkan dan meneruskan kehidupan manusia. Alam yang rusak, sampah dimana-mana, berimplikasi kepada banyaknya bencana alam yang memakan banyak korban jiwa. Disinilah diperlukan kesadaran ekologis manusia untuk paham dengan alam. Manusia yang secara sadar peduli dengan alam. Yang menarik adalah, masyarakat kita, dahulu begitu menghargai alam. Hal ini terbukti dengan adanya ritual bersih desa, sebagai bentuk atau wujud penghormatan manusia terhadap alam.

Daftar Kesenian Desa Gunungsari

No

Jenis Kesenian

Jumlah

Keterangan

1

Kuda Lumping

2 Kelompok

-

2

Sholawat New Almawaidah

1 Kelompok

-

3

Sholawat Banjari

1 Kelompok

-

Berita Lain